Selasa, 03 Januari 2012

TELEVISI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN REMAJA SAAT SEKARANG INI







Makalah B. Indonesia


“TELEVISI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN REMAJA SAAT SEKARANG INI”
























































Disusun Oleh :
ZAIDI HABIBILAH R.



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah berkat Ridho Allah SWT, setelah penulisan yang cukup lama akhirnya makalah B. Indonesia yang bertemakan tentang “TELEVISI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN REMAJA SAAT SEKARANG INI” ini bisa terselesaikan juga dengan baik.

Makalah ini juga tidak akan bisa terselesaikan dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak baik dari guru dan orang tua serta teman-teman yang selalu memberikan motivasi dan semangat serta dukungannya.




Penulis




(…………………)
 
Bandung, 18 ..... 20...










DAFTAR ISI

Kata Pengantar …………………………………………………………………

Daftar Isi ………………………………………………………………………


BAB I PENDAHULUAN
            Latar Belakang …………………………………………………………
            Tujuan Penulisan ………………………………………………………
            Rumusan Masalah …………………………………………………….

BAB II ISI
Mengenal Remaja dan Televisi ……………………………………….
Kategori-kategori yang dapat dikatakan remaja….…………………...
Waktu-waktu yang baik ataupun waktu yang tepat bagi remaja untuk menonton televisi ……………………………………………………..
Memperkenalkan Manfaat Televisi bagi Remaja mulai dari lingkungan lingkup kecil………………………………………………
Televisi Dijdikan sebagai Pengaruh Baik bagi Remaja bukan sebagai Pengaruh Buruk bagi Remaja…………………………………………

BAB III PENUTUP
            Kesimpulan ……………………………………………………………
            Saran-saran ……………………………………………………………






BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Kemajuan tekhnologi manusia saat sekarang ini sangat mempengaruhi mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya yaitu dengan ditemukan nya televisi. Hampir semua yang ditayangkan televisi baik itu buruk maupun bersifat baik banyak mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari manusia, khususnya remaja. Dengan alasan tersebut penulis sangat bersemangat untuk menjadikan hal tersebut sebagai tema dalam penulisan makalah ini.

B.      TUJUAN PENULISAN

Dalam penulisan makalah ini terdapat tujuan yang bersifat umum dan tujuan yang bersifat khusus.
Tujuan umumnya adalah sebagai berikut:
1.      Dengan penulisan makalah ini diharapkan nantinya kita dapat betul-betul mengetahui seberapa besar pengaruh televisi bagi remaja kita;
2.      Selain itu, penulis juga berharap dengan penulisan makalah ini dapat membantu kita dalam memilah dan memilih program televisi yang baik untuk di tonton oleh para remaja.

Tujuan khususnya adalah sebagai berikut:
1.      Dengan penulisan makalah ini, penulis berharap makalah ini dapat selalu menjadi pemotivasi dalam hidup penulis selaku remaja untuk kedepannya kedepannya;
2.      Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat menjadi salah satu tulisan yang bisa menjadi salah satu acuan bagi remaja-remaja pada saat sekarang ini dalam menetukan hal-hal yang boleh dilihat dan disaksikan oleh remaja kita.

C.      RUMUSAN MASALAH

Dalam makalah ini terdapat beberapa rumusan masalah yang nantinya akan menjadi acuan dalam pemecahan masalah dalam makalah ini, diantaranya:
1.       Apakah yang dimaksud dengan Remaja dan Televisi?
2.       Siapa saja yang bisa dikategorikan kedalam remaja?
3.       Kapan saja waktu-waktu yang baik ataupun waktu yang tepat bagi remaja untuk menonton televisi?
4.       Darimanakah kita harus memperkenalkan kepada remaja manfaat televisi bagi remaja tersebut?
5.       Kenapa televisi sangat berpengaruh dalam kehidupan remaja?
6.       Bagaimana caranya supaya televisi tidak menjadi pengaruh buruk bagi remaja tepi menjadi hal baik untuk remaja tersebut?


BAB II
ISI

Mengenal Remaja dan Televisi

1.      Remaja
Masa remaja merupakan peralihan dari masa anak-anak kepada masa dewasa. Pada masa remaja ini juga terjadi yang namanya masa pencarian identitas diri bagi para remaja tersebut, sehingga pada masa-masa ini banyak terjadi tingkah laku yang aneh-aneh yang terjadi pada diri remaja tersebut.
Selain hal-hal tersebut, pada masa-masa ini juga banyak terjadi masa-masa dmana kebanyakan dari mereka khususnya pada zaman sekarang masa ingin mencoba segala hal, sehingga jika tidak diawasi bisa terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri mereka dan orang lain.

2.      Televisi
Televisi merupakan salah satu benda hasil pemikiran manusia, yang mana dengan televisi itu orang bisa melihat gambar yang bisa berbicara, bergerak dan yang lainnya. Bahkan dengan semakin berkembangnya pemikiran manusia tentang televisi, sekarang televisi bisa memperlihatkan berbagai tayangan dengan bantuan antena maupun digital.

Kategori-kategori yang dapat dikatakan remaja

Yang dapat dikategorikan remaja yaitu mereka yang masih berumur dari 15 tahun sampai 17 tahun, atau bisa juga dikatakan remaja itu adalah mereka yang sudah masuk ke jenjang pendidikan SMA (Sekolah Menengah Atas), ataupun yang masih kelas tiga SMP (Sekolah Menegah Pertama).
Meskipun demikian ada juga beberapa orang yang umurnya sudah bisa dikatakan remaja tapi tingkah lakunya masih seperti anak-anak. Hal ini biasanya disebabkan karena mereka memiliki mental yang lemah atau bisa juga dikatakan karena mereka sering mendapat penganiayaan diwaktu kecil.

Waktu-waktu yang baik ataupun waktu yang tepat bagi remaja untuk menonton televisi
Saat sekarang ini hampir setiap hari bahkan setiap malam kita melihat tayangan televisi, bahkan dari tayangan yang baik-baik sampai tayangan yang mungkin dapat membawa pengaruh buruk bagi kita khususnya remaja, sehingga kita harus betul-betul bisa dalam memilah dan memilih waktu yang baik bagi remaja untuk menonton televisi. Diantaranya waktu yang tepat bagi remaja untuk menontontelevisi adalah, saat-saat televisi menayangkan program-program yang berhubungan dengan pendidikan ataupun program yang dapat membawa pengaruh baik bagi manusia seperti di pagi hari sampai sore hari. Tetapi, jika sudah memasuki malam hari biasanya hampir semua program yang ditayangkan di televisi di kategorikan dewasa, sehingga nantinya dapat mempengaruhi pemikiran para remaja, bahkan sampai merusak akhlak mereka, sehingga nantinya dalam memilih program televisi harus betul-betul program yang baik bagi mereka dan tidak mempengaruhi pemikiran mereka yang bisa dikatakan masih rentan.
Memperkenalkan Manfaat Televisi bagi Remaja mulai dari lingkungan lingkup kecil
Televisi yang kebanyakan sekarng ini dapat membawa pengaruh buruk, khususnya bagi remaja harus betul-betul diperkenalkan kepada mereka manfaat sebenarnya dari televisi tersebut sehingga nantinya mereka betul-betul memanfaatkan televisi tersebut untuk hal-hal yang baik. Dalam hal ini keluarga sangat berperan penting bagi remaja dalam mengenalkan manfaat televisi bagi mereka.
Selain lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat ataupun temannya dapat juga membantu remaja untuk mengetahui manfaat sebenarnya dari televisi, sebab jika hanya keluarga saja, tapi diluar keluarga masih ada pengaru-pengaruh buruk maka nantinya dapat juga mempengaruhi remaja tersebut. Sehingga kedua hal ini perlu sekali kerja samanya dalam menuntun remaja tersebut.

Televisi Dijdikan sebagai Pengaruh Baik bagi Remaja bukan sebagai Pengaruh Buruk bagi Remaja
Televisi yang dapat berpengaruh dalam kehidupan remaja harus betul betul dijadikan sebagai pengaruh yang baik bagi mereka bukan menjadi pengaruh buruk. Salah satu bentuknya dengan menayangkan program yang bermanfaat, seperti tentang pendidikan dan yang lainnya. Tetapi kebanyakan televisi sekarang malah menayangkan program-program yang dapat merusak pemikiran remaja, seperti sekarang ini televisi banyak menayangkan program-program untuk orang dewasa meskipun disiang hari. Sehingga orang tua para remaja harus betul-betul bisa mengontrol anak mereka.




BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Kehidupan remaja masih bisa dikatakan sebagai kehidupan yang masih rentan dan masih mudah untuk terpengaruh. Sehingga diperlukan pengontrolan yang baik dari berbagai pihak.
Selain itu, dengan tingginya tingkat pemikiran manusia, merekapun menciptkan berbagai benda yang dapat memuaskan hati mereka maupun yang bermanfaat bagi mereka salah satunya adalah televisi.
Televisi sangat berpengaruh besar bagi pemikiran remaja sehingga jika tidak dikontrol dengan baik dapat mempengaruhi mereka.

Saran-Saran

Dengan begitu besarnya pengaruh lingkungan pada masa sekarang ini, maka kita perlu sekali mengawasi diri remaja. Sehingga nantinya mereka akan betul-betul bisa menjadi generasi penerus bangsa yang baik.
Selain itu, pihak yang menayangkan program di televisi juga harus betul-betul memikirkan kehidupan remaja sehingga nantinya remaja tersebutdapat menjadi penerus mereka.




DAFTAR PUSTAKA

Ramadhani, Z. Habibillah. 2010. “Pengaruh Tekhnologi Terhadap Kehidupan Remaja Saat Sekarang Ini”. Bahan Diskusi siswa SMA Plus Babussalam Bandung bidang Sosiologi. Bandung: Tidak diterbitkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar